Hari Lahir Nya Sumpah Pemuda

Squad selamat hari sumpah pemuda. Demikian artikel yang diberikan tentang sejarah singkat lahirnya sumpah pemuda dan isi sumpah pemuda semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.

Website Hr Portal Lemindo

Lahirnya sumpah pemuda kongres pemuda ii dilangsungkan selama dua hari pada 27 dan 28 oktober 1928 di batavia.

Hari lahir nya sumpah pemuda. Sumpah pemuda dibacakan pada tanggal 28 oktober 1928 hasil rumusan kerapatan pemuda pemudi atau kongres pemuda indonesia yang hingga kini diperingati sebagai hari pemuda. Hari ini dalam sejarah. Hari pertama kongres menempati gedung katholikee jongelingen bond atau gedung pemuda katolik sedangkan kongres di hari kedua diadakan di gedung oost java sekarang di jalan medan merdeka utara jakarta pusat.

Usulan untuk mengadakan fusi disetujui oleh jong java jong sumatra dan jong celebes. Selain teks sumpah pemuda dalam kongres sumpah pemuda juga diperdengarkan lagu indonesia raya yang diciptakan oleh w r soepratman untuk pertama kalinya. Lahirnya sumpah pemuda adalah hasil perkembangan dari organisasi budi utomo yang telah lahir sebelumnya.

Sumpah pemuda tercetus dari keputusan kongres pemuda ii yang diselenggarakan dua hari yakni pada 27 28 oktober 1928 di batavia jakarta. Kertas itu kemudian dia sodorkan kepada soegondo djojopoespito yang saat itu menjabat ketua kongres. Peringatan sumpah pemuda setiap tanggal 28 oktober ini tidak terlepas dari kongres pemuda ii yang dipelopori oleh perhimpunan pelajar pelajar indonesia pppi.

Tepat 90 tahun tercetusnya sumpah pemuda yang dahulu menjadi suara penyemangat bangsa memperjuangkan kemerdekaan. Peristiwa sejarah sumpah pemuda merupakan pengakuan pemuda indonesia yang berjanji satu negara satu bangsa dan satu bahasa. Dua tahun sebelumnya telah juga dilakukan kongres pemuda i mulai tanggal 30 april hingga 2 mei 1926 di batavia.

Saat kongres tengah berlangsung yamin mulai menuliskan gagasan sumpah pemuda tersebut dalam suatu kertas. Keberadaan budi utomo melahirkan beberapa organisasi kepemudaan seperti tri koro darmo jong java jong sumatranen bond jong minahasa jong betawi dan lain lain. Organisasi organisasi itulah yang menjadi cikal bakal lahirnya sumpah pemuda.

Kongres ini menjadi bukti bahwa perjuangan pemuda dalam mengupayakan kemerdekaan telah berlangsung sebelum proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945. Kongres pemuda dan lahirnya sumpah pemuda. Sebagai perwujudan dari sumpah pemuda maka pada tanggal 24 28 desember 1928 diadakan kongres pemuda di yogyakarta.

Sebagai persiapan ke arah fusi dibentuklah suatu komisi yang disebut komisi besar indonesia muda.

Selamat Hari Sumpah Pemuda 2017 Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh Sumpahpemuda Sumpahpemuda2017 Quote Merdeka2017 Gambar Pastel Poster Gambar

Selamat Hari Lahir Pancasila Haripancasila Harilahirpancasila Pancasila Bhinekatunggalika Nkri Indonesia Dan Kartun Desain Banner Lambang Negara

Sejarah Lahirnya Sumpah Pemuda 28 Oktober Dan Isi Ikrar Kongres Pemuda Tribun Jateng

Sejarah Lahirnya Sumpah Pemuda Indonesia Sejarah Indonesia Kelahiran

Sejarah Lahirnya Sumpah Pemuda

Diperingati Setiap 28 Oktober Ini 13 Tokoh Penting Pelopor Lahirnya Sumpah Pemuda Seputar Lampung

Jelang Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober Simak Sejarah Terbentuknya Di Kongres Pemuda Ii 91 Tahun Silam Tribun Kaltim

Hari Bersejarah Sumpah Pemuda Dan Lahirnya Kongres Pemuda Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia

Lahirnya Sumpah Pemuda Pada 28 Oktober Tak Lepas Dari Ketiga Tempat Bersejarah Ini Tribunnews Com Mobile

Tentang Hari Sumpah Pemuda

Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2016 Tetap Jaga Rasa Nasionalisme Ya Guys Dan Selalu Mengamalkan Nilai Nilai Pancasila Amal Peringatan

Hari Ini Dalam Sejarah Kongres Pemuda Dan Lahirnya Sumpah Pemuda

Peristiwa Sejarah Lahirnya Sumpah Pemuda 1928 Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat

Hari Sumpah Pemuda Ternyata Tokoh Ini Di Balik Lahirnya Trilogi Sumpah Pemuda Okezone Nasional

Sejarah Lahirnya Sumpah Pemuda Dan Mengenang 3 Tempat Bersejarah Ini Tribun Timur

5 Hal Yang Bisa Dilakukan Milenial Untuk Memaknai Hari Sumpah Pemuda Hai

Isi Teks Sumpah Pemuda Otentik Serta 5 Fakta Lahirnya Sumpah Pemuda Dijaga Ketat Polisi Belanda Tribun Kaltim

Mengenang 3 Tempat Bersejarah Lahirnya Hari Sumpah Pemuda Pada 28 Oktober Tribun Kaltim

Infografik Sejarah Lahirnya Sumpah Pemuda


Wallpaper Terkait

There is no other posts in this category.

Komentar (0)

Posting Komentar